Badan Pemeriksa Keuangan RI mengadakan acara “Forum BPK Mendengar” RI, pada 12 Januari 2012, di Auditorium Pusdiklat BPK Kalibata, Jakarta. Forum BPK Mendengar  merupakan sarana bagi BPK untuk mendapatkan informasi baik itu berupa saran maupun kritik terkait kinerja BPK selama ini dari berbagai pihak, yaitu dari Lembaga Perwakilan, Pemerintah Pusat dan Daerah, Lembaga Penegak Hukum, Akademisi, Profesi, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta Media Massa.
Acara yang merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT BPK RI ke-65 ini dibuka oleh Ketua BPK RI, Hadi Poernomo serta dihadiri oleh Wakil Ketua BPK, Hasan Bisri, para Anggota BPK, para Pejabat di lingkungan BPK RI dan sebagai moderator dalam forum ini adalah Sekretaris Jenderal BPK RI, Hendar Ristriawan.

Pada kesempatan ini, Ketua BPK menegaskan bahwa  dengan Forum BPK Mendengar para pihak atau  stakeholder BPK yang hadir dapat memberikan masukan, kritikan, dan saran untuk menjadi evaluasi di intenal BPK. “Tentunya BPK akan melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan melalui kritikan dan masukan tersebut dengan sistem kerja di BPK,” jelas Ketua.

Kepada jajaran atau pejabat BPK, Ketua berpesan untuk mendengarkan masukan dan kritikan yang disampaikan. “BPK bukan bekerja dengan kewenangan karena itu akan menakutkan, tetapi BPK bekerja dengan sistem sehingga dibutuhkan,” ungkap Ketua.

Narasumber dalam acara ini adalah Anggota DPR, Eva Kusuma Sundari; Menteri Keuangan , Agus W Martowardoyo; Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto; Jaksa Agung, Basrief Arief; Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin; Walikota Surakarta, Joko Widodo; Dosen Fakultas Hukum UGM, Zainal Arifin Mochtar; Ketua Dewan IAI, Mardiasmo; Wakil Koordinator Bidang Analisa Keuangan ICW, Firdaus Ilyas; Pemimpin Redaksi RCTI, Arief Suditomo; dan Pemimpin Redaksi The Jakarta Post, Meidyatama Suryodiningrat.

Setelah para narasumber menyampaikan masukan, saran, dan kritik atas kinerja BPK, moderator menyampaikan bahwa masukan, saran, maupun kritik tersebut tidak saja didengar oleh BPK, tetapi juga dicatat dan ini akan dijadikan masukan untuk perbaikan kinerja BPK.

Selain itu, disampaikan juga harapan, kritik dan saran terkait perbaikan tata laksana atau sistem di BPK, serta prilaku integritas dan profesionalisme Sumber Daya Manusia BPK. “Semua itu ditujukan agar peran dan fungsi BPK bisa ditempatkan, atau bisa sejajar dengan harapan para pemilik kepentingan. Atas nama keluarga besar BPK, kami  mengucapkan terima kasih atas segala yang disampaikan dalam forum ini, dan Dirgahayu BPK, Selamat Ulang Tahun ke-65”, tutup moderator.