Inspektorat Daerah Kabupaten Barito Kuala dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 67 Tahun 2020 Tanggal 11 Agustus 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata kerja Inspektorat Kabupaten Barito Kuala.


A.
Unsur-unsur Inspektorat Kabupaten Barito Kuala

a. Sekretariat


Sekretariat mempunyai tugas membantu melaksanakan koordinasi, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Inspektorat.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretariat menyelenggarakan fungsi:

  1. Pelaksanaan koordinasi kegiatan di lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Barito Kuala.
  2. Pelaksanaan koordinasi, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi perencanaan, kepegawaian, keuangan, aset, pelaporan, ketatausahaan, kerumahtanggaan, kerjasama, hubungan masyarakat, pelayanan hukum, arsip dan dokumentasi di lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Barito Kuala.
  3. Pengawasan, pengendalian dan evaluasi atas pelaksanaan tugas kesekretariatan.
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Inspektur terkait dengan tugas dan fungsi kesekretariatan sesuai ketentuan perundang- undangan.

a) Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Aset

Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Aset mempunyai tugas membantu Sekretariat menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi dibidang Perencanaan, Keuangan dan Aset kepada seluruh unit organisasi dilingkungan Inspektorat Kabupaten Barito Kuala.

b) Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas membantu Sekretariat menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi dibidang Evaluasi dan Pelaporan kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Inspektorat Kabupaten Barito Kuala.

c) Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan

Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas membantu Sekretariat menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi dibidang umum dan kepegawaian kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Inspektorat Kabupaten Barito Kuala.

b. Inspektur Pembantu

Inspektur Pembantu mempunyai tugas membantu Inspektur menyiapkan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Inspektur Pembantu menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis pembinaan dan pengawasan pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.
  2. Penyiapan bahan pelaksanaan pembinaan umum dan teknis, supervisi serta koordinasi atas pelaksanaan tugas pembinaan dan pengawasan pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.
  3. Penyiapan bahan pengawasan dan pengendalian atas pelaksanaan tugas pembinaan dan pengawasan pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.
  4. Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan tugas inspektur pembantu.
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Inspektur terkait dengan tugas dan fungsi Inspektur Pembantu sesuai ketentuan perundang-undangan.

c. Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dan fungsi Inspektorat Kabupaten Barito Kuala sesuai dengan keahlian dan kebutuhan yang akan diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

B. Struktur Organisasi

Inspektorat Kabupaten Barito Kuala dipimpin oleh seorang Inspektur Kabupaten, dibidang Kesekretariatan Inspektur Daerah dibantu oleh seorang Sekretaris yang membawahi 3 (tiga) Subbag yakni Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Sub BagianPerencanaan

Keuangan dan Aset, Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan. Pada bidang pengawasan, dibantu oleh 5 (lima) Inspektur Pembantu Wilayah dengan rincian sebagai berikut :

A. Inspektur Pembantu Wilayah I, dengan wilayah kerja:

  1. Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah
  2. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
  3. Dinas Komunikasi dan Informatika
  4. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
  5. Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura
  6. Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan
  7. RSUD H. Abdul Azis
  8. Kecamatan Mekarsari
  9. Kecamatan Alalak
  10. Kecamatan Marabahan
  11. Kecamatan Tabukan
  12. PD Aneka Usaha Selidah

B. Inspektur Pembantu Wilayah II, dengan wilayah kerja:

  1. Inspektorat Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan
  2. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
  3. Dinas Pendidikan
  4. Sekretariat DPRD
  5. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
  6. Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu
  7. Dinas Perhubungan
  8. Kecamatan Anjir Muara
  9. Kecamatan Tamban
  10. Kecamatan Barambai
  11. Kecamatan Wanaraya
  12. PDAM

C. Inspektur Pembantu Wilayah III, dengan wilayah kerja:

  1. Sekretariat Daerah
  2. Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah
  3. Dinas Sosial
  4. Dinas Lingkungan Hidup
  5. Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya & Pariwisata
  6. Dinas Kesehatan
  7. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  8. Kecamatan Tabunganen
  9. Kecamatan Rantau Badauh
  10. Kecamatan Anjir Pasar
  11. Kecamatan Bakumpai
  12. Kecamatan Belawang
  13. PD Pelabuhan Barito Kuala Mandiri

D. Inspektur Pembantu Wilayah IV, dengan wilayah kerja:

  1. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
  2. Badan Pengendalian Penduduk KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  3. Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman
  4. Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan
  5. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  6. Dinas Perkebunan dan Pertenakan
  7. Badan Penanggulangan Bencana Daerah
  8. Satpol PP
  9. Kecamatan Kuripan
  10. Kecamatan Jejangkit
  11. Kecamatan Mandastana
  12. Kecamatan Cerbon
  13. PD BPR

E. Inspektur Pembantu Wilayah V

Seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Barito Kuala.

 

 

 

 

 

 

 

INSPEKTORAT

Jl. Jend. Sudirman No. 70 Marabahan
Telp/Fax : (0511) 4799050
Email : [email protected]

Jl. Jend. Sudirman No. 70 Marabahan
Telp/Fax : (0511) 4799050
Email : [email protected]
Jl. Jend. Sudirman No. 70 Marabahan
Telp/Fax : (0511) 4799050
Email : [email protected]
Copy link
Powered by Social Snap